Pengaruh Revolusi Perancis, Amerika dan Rusia kepada Perkembangan Pergerakan Nasional Indonesia

Pengaruh Revolusi Perancis, Amerika dan Rusia kepada Perkembangan Pergerakan Nasional Indonesia – untuk mengetahui bagaimana pengaruh revolusi Perancis kepada pergerakan nasional. Selain itu diharapkan pembahasan ini juga bisa memberikan gambaran apa pengaruh revolusi Amerika dan Rusia dalam perkembangan pergerakan nasional Indonesia. Selengkapnya akan kita bahas satu per satu di bawah ini.

1. Pengaruh Revolusi Amerika kepada Perkembangan Pergerakan Nasional Indonesia

Pada tanggal 4 Juli 1776, ke-13 koloni Amerika Utara menyatakan proklamasi kemerdekaan dengan “Declaration of Independence”. Sejak itulah lahir negara yang merdeka. Yang menyuarakan adanya hak-hak asasi manusia seperti hak hidup, hak kebebasan, dan hak unutk mempunyai sesuatu telah menggema di seluruh benua Amerika Serikat mendorong masuknya paham-paham baru ke Indonesia serta munculnya pergerakan yang menentang penjajahan Belanda di Indonesia.

Revolusi Amerika dilatarbelakangi oleh keinginan rakyat untuk melepaskan diri dari penetrasi pemerintahan colonial Inggris yang semakin kuat seperti:

a. Kewajiban membayar pajak yang semakin besar.

b. Pemaksaan menjual hasil bumi kepada Inggris.

c. Pemaksaan membeli produk-produk Inggris.

akibat Revolusi Amerika kepada Pergerakan Nasional Indonesia sebagai berikut:

  1. Revolusi Amerika telah mendorong bangsa Indonesia, khususnya kaum pergerakan nasional Indonesia untuk melawan penjajah.
  2. Adanya pengakuan kepada HAM telah mandorong kaum pergerakan nasional mempertahankan hak rakyat Indonesia untuk lepas dari kebodohan dan keterbelakangan akibat penjajah.
  3. Revolusi Amerika melahirkan sikap untuk mempertahankan kebebasan, kemerdekaan, dan penghormatan kepada sesame manusia.

2. Pengaruh Revolusi Perancis kepada Perkembangan Pergerakan Nasional Indonesia

Revolusi Perancis yang meletus pada tanggal 14 Juli 1789 dalam perkembangannya menimbulkan paham-paham baru diantaranya, liberalism, demokrasi, dan nasionalisme. Paham-paham baru hal yang demikian menggema di seluruh Perancis dan menyebar ke seluruh Eropa bahkan menyebar ke seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia.

Dengan menyebarkan paham liberalism, demokrasi, dan nasionalisme ke seluruh penjuru dunia dan termasuk Indonesia, maka mendorong lahirnya pergerakan yang bertujuan menentang dan melawan kolonialisme dan imperialism di Indonesia.

akibat Revolusi Perancis kepada perkembangan kepada Pergerakan Nasional Indonesia sebagai berikut:

  1. Munculnya paham nasionalisme
  2. Munculnya paham demokrasi
  3. Munculnya perlindungan hak asasi manusia
  4. Munculnya golongan terpelajar akibat adanya politik etis. Golongan terpelajar inilah yang peduli akan nasib bangsanya. Mereka ingin menyelamatkan bangsanya dari kebodohan dan keterbelakangan akibat penjajahan. Oleh karena itu, mereka mendirikan organisasi-organisasi yang bertujuan memajukan bangsanya.

3. Pengaruh Revolusi Rusia kepada Perkembangan Pergerakan Nasional Indonesia

Seperti revolusi-revolusi lailn, Revolusi Rusia juga membawa akibat bagus bagi Rusia sendiri bagi negara-negara di wilayah dunia termasuk Indonesia. Pengaruh Revolusi Rusia kepada perkembangan pergerakan nasional di Indonesia tampak terang dengan berkembangnya paham Marxis yang kemudian melahirkan Partai Komunis Indonesia.

Dengan demikian, Revolusi Perancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia berpengaruh kepada munculnya pergerakan nasional Indonesia. Bedanya, bila Revolusi Perancis dan Revolusi Amerika berpengaruh kepada organisasi pergerakan nasional yang berpaham nasional dan demokratis, sebaliknya Revolusi Rusia berpengaruh kepada munculnya organisasi pergerakan yang berpaham komunis.

akibat Revolusi Rusia kepada Pergerakan Nasional Indonesia sebagai berikut:

a. Menimbulkan munculnya paham Marxisme (ajaran Karl Marx) atau Leninisme (ajaran Lenin)

b. Peham Komunis yang berkembang di Rusia, menyebabkan timbulnya paham komunis di Indonesia.

c. Munculnya pemberontakan PKI bulan November di Jakarta, September 1948, Oktober 1965 di Jakarta.

Referensi

___. 2013. Sejarah Program IPS untuk SMA/MA Kelas XI Semester 2. Klaten: Usaha Mandiri

http://loriyaelofhia.blogspot.com/2013/05/pengaruh-revolusi-perancis-amerika-dan.html

Sejarah Lainnya:

latihan sejarah beserta jawabn, awal mula berdirinya chat time, back grond sejarah indo, download buku sejarah Jawa barat pdf, novel kerajaan sriwijaya pdf